MPLS SMA N 1 Sintang Tahun Pelajaran 2024/2025


MPLS adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah sesuai dengan Permendikbud No. 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Peserta Didik baru menyatakan bahwa pengenalan lingkungan sekolah dimaksudkan untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Menurut Undang- undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. MPLS merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh peserta didik baru ketika masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar yang efektif, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. Artinya, peserta didik baru tidak hanya dikenalkan dari sisi fisik sekolah barunya akan tetapi juga pengenalan sekolah yang bersifat non fisik. Sesuai dengan Permendikbud No.18 Tahun 2016 bahwa penyelenggaraan MPLS di sekolah wajib melakukan kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan. 

Tujuan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Peserta Didik Baru,antara lain:

  1. Mengenali potensi diri peserta didik baru;
  2. Membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara elajar efektif sebagai peserta didik baru;
  4. Mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya;
  5. Menumbuhkan perilaku positif, antara lain: kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memilki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.
Kegiatan MPLS di lingkungan SMA Negeri 1 Sintang dilaksakan pada tanggal 15-16 Juli 2024 di Gedung PGRI Sintang. Adapun Materi yang disampaikan saat pelaksanaan MPLS sebagai Berikut :



  1. Wawasan Wiyata Mandala disampaikan oleh Bapak Hardianto, S.Pd.,M.Pd selaku Kepala SMA Negeri 1 Sintang
  2. Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkotika disampaikan oleh Perawakilan dari POLRES Sintang (Sat. BINMAS POLRES Sintang)'
  3. “Tiga Dosa Besar Pendidikan “ (Perundungan, Kekerasan Seksual dan Intoleransi) disampaikan oleh perwakilan DKBP3A Kabupaten Sintang.
  4. Pengenalan Pengurus OSIS dan Profil Sekolah disampaikan Oleh Pengurus OSIS SMA Negeri 1 Sintang.
  5. Pengenalan Kurikulum dan Pengenalan Guru dan Staf TU disampaikan oleh bapak Robertus Jematu, S.Fil (Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Negeri 1 Sintang)
  6. Penguatan Kesadaran Bela Negara disampaikan oleh Perwakilan KODIM 1205 Sintang.
  7. Tata Tertib dan Tata Krama di Sekolah disampaikan oleh Ibu Sulianti, S.Hut (Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Negeri 1 Sintang).



Diakhir kegiatan MPLS ditampilkan atraksi dari perwakilan Ekstrakurikuler yang ada di SMA Negeri 1 Sintang. Perwakilan anggota eksrakurikuler menampilkan kemampuannya, dimulai dari Ektrakurikuler Seni Tari, Seni Musik, Paskibra, Basket, PMR dan Drumband. Selanjutnya ditutup dengan penandatanganan "Stop Perundungan di Lingkunan SMA Negeri 1 Sintang".



Posting Komentar untuk "MPLS SMA N 1 Sintang Tahun Pelajaran 2024/2025"